Pengertian
Bisnis dan Bisnis TIK
Bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa
Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks
individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Secara etimologi,
bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan
pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga
penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk
pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang
bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk
pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang
paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas
penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih
menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Secara TIK, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang
memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan
dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup
semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet. Dahulunya,
internet merupakan kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang
mewah bagi sebagian masyarakat. Di zaman ini, kebutuhan internet sudahlah
menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Hal ini dikarenakan perkembangan pola
pikir dan hidup masyarakat ditambah maraknya teknologi muktahir yang
memungkinkan pencapaian informasi yang mudah didapat dan cepat. Akses internet
pun kian mudah didapatkan. Hal ini mendorong para pebisnis untuk memanfaatkannya
dengan beragam cara untuk memajukan usahanya.
Bisnis meniliki karakteristik yaitu:
1.
Lembaga atau institusi atau organisasi sosial dan ekonomi
2.
Berhubungan dengan berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia
3.
Mencari laba, profit atau keuntungan.
4.
Menentukan harga yang sesuai
5.
Akan ada kemungkinan mengalami kerugian.
Profile XL Axiata
Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996,
XL Axiata menjadi yang terbaik di wilayah Asia, dan dimiliki secara mayoritas
oleh Axiata Group Berhad dengan saham sebesar 66,43% dan selebihnya
menjadi milik publik dengan saham sebesar 33,57%. Dengan
pengalaman lebih dari 17 tahun beroperasi di pasar Indonesia, PT XL
Axiata Tbk. (XL) merupakan salah satu penyedia layanan seluler terkemuka di
Indonesia. Saat ini, XL dipandang sebagai salah satu penyedia layanan seluler
untuk Data dan Teleponi terkemuka di Indonesia.
XL memulai usaha sebagai perusahaan dagang dan jasa umum
pada tanggal 6 Oktober 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari. Pada tahun
1996, XL memasuki sektor telekomunikasi setelah mendapatkan izin operasi GSM
900 dan secara resmi meluncurkan layanan GSM. Dengan demikian, XL menjadi
perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telepon
seluler.
Di kemudian hari, melalui perjanjian kerjasama dengan
Grup Rajawali dan tiga investor asing (NYNEX, AIF dan Mitsui), nama Perseroan
diubah menjadi PT Excelcomindo Pratama.
Pada September 2005, XL melakukan Penawaran Saham Perdana
(IPO) dan mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang sekarang
dikenal sebagai Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada saat itu, XL merupakan anak
perusahaan Indocel Holding Sdn. Bhd., yang sekarang dikenal sebagai Axiata
Investments (Indonesia) Sdn. Bhd., yang seluruh sahamnya dimiliki oleh TM International
Sdn. Bhd. (TMI) melalui TM International (L) Limited. Pada tahun 2009, TMI
berganti nama menjadi Axiata Group Berhad (Axiata) dan di tahun yang sama PT
Excelcomindo Pratama Tbk. berganti nama menjadi PT XL Axiata Tbk. untuk
kepentingan sinergi.
Saat ini, mayoritas saham XL dimiliki oleh Axiata melalui
Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd (66,43 persen) dan sisanya dipegang
oleh publik (33,57 persen).
Perusahaan XL telah melayani lebih dari
45 juta pelanggan dan masyarakat Indonesia di 33 propinsi, 498 kabupaten, dan
3.785 kecamatan. Untuk jangkauan layanan, XL saat
ini telah mencapai lebih dari 90% populasi nasional, termasuk meliputi wilayah
perbatasan dengan negara lain, di antaranya Sabang, Natuna, Simeulue, Entikong,
Nunukan, Pulau Sebatik, Biak, dan Merauke.
Perusahaan XL juga selalu memberikan
kontribusi bagi negara melalui pembayaran pajak, BHP (Biaya Hak
Penyelenggaraan), dan kegiatan USO (universal service obligation). Di tahun
2011, XL telah memberikan
kontribusi sebesar Rp 1,5 triliun untuk BHP dan USO. Di tahun yang sama pula, XL juga memberikan
kontribusi kepada negara berupa pajak penghasilan sebesar Rp 1,2 triliun.
Untuk melayani seluruh pelanggan, XL kini memiliki sekitar 3.450 karyawan.
Kantor perwakilan XL tersebar di seluruh wilayah operasi.
Selain itu, XL juga didukung oleh lebih dari 360 ribu
outlet jaringan distribusi. Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun
seiring dengan semakin luasnya wilayah layanan.
XL
Business Solutions melayani berbagai macam industri, yaitu:
• Sektor Perbankan dan Keuangan
• Sektor Manufaktur
• Sektor Perdagangan Umum dan Jasa
Distribusi
• Sektor Minyak, Gas, dan Pertambangan
•
Sektor Komunitas
Visi dan Budaya Korporat
Visi :
Menjadi yang
terdepan dalam memberikan pengalaman menggunakan mobile internet yang mudah
dengan harga yang lebih murah untuk masyarakat Indonesia dimana Brand XL
memiliki daya tarik yang kuat untuk anak muda.
Budaya Korporat :
Empat nilai utama XL yang disingkat sebagai
“ITS XL” terdiri dari:
1. UNCOMPROMISING INTEGRITY
Memiliki standar etika
tinggi, tidak ada toleransi terhadap perilaku yang tidak etis.
2. TEAM SYNERGY
Penuh semangat
bekerja-sama, memastikan semua proses dilakukan demi mencapai tujuan bersama.
3. SIMPLICITY
Melakukan yang terbaik
untuk memberikan solusi yang mudah digunakan dan melebihi harapan pelanggan
4. EXCEPTIONAL PERFORMANCE
Selalu semangat dalam
memberikan kinerja terbaik.
Corporate Logo
Tiga dimensi warna
dalam logo baru XL memiliki makna yang saling berintegrasi. Warna biru
merupakan identitas prinsip dasar XL yang melambangkan kepercayaan dan tanggung
jawab. Warna hijau melambangkan sumber inspirasi pertumbuhan dan harmoni. Warna
kuning menggambarkan energi dan pemikiran terang yang dapat membawa kemajuan.
Legalitas
Nama : PT XL
Axiata
Alamat : Grha XL, Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung
Lot E4-7 No.1, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta 12950
Tel.:
(021) 576 1881
Fax.: (021) 576 1880
Email: CORPSEC@xl.co.id
Website: www.xl.co.id
Bidangnya: Telekomunikasi
Jasa Telekomunikasi Internasional
INFRASTRUCTURE, UTILITIES AND TRANSPORTATION
Sub TELECOMMUNICATION
NPWP : 01.345.276.8-091.000
Struktur Organisasi
Sumber: